Rabu, 03 Agustus 2011

Tips Agar Tetap Fit dan Sehat Selama Puasa

Dengan berpuasa bukan berarti kita menumpuk makanan saat sahur supaya kuat. Yang harus dilakukan agar tetap fit dan sehat selama puasa adalah:
Mengonsumsi makanan dalam jumlah lebih rendah dari biasanya, namun tetap seimbang dalam komposisi bahan makanan yaitu mengandung karbohidrat, lemak, protein, vitamin, dan mineral.

Pembagian porsi makanan selama puasa: 40% saat sahur, 50% saat berbuka, dan 10% saat malam hari sebelum tidur (buah 1 potong, minum air putih 2-4 gelas setelah tarawih).
Melakukan olahraga ringan seperti jalan kaki, karena tidak menguras tenaga.
Sedangkan makanan-makanan yang sebaiknya dikonsumsi untuk menunjang stamina kita selama bulan puasa adalah:
Makanan yang banyak mengandung karbohidrat seperti nasi, kentang, roti, singkong, jagung dan lain sebagainya.
Makanan yang banyak mengandung lemak susu, mentega, keju, cokelat, ayam, dan lain-lain.
Makanan tinggi protein seperti daging sapi, ikan, telur, tempe, dan lain sebagainya.
Bagi penderita diabetes, hipertensi, dan maag, sebaiknya konsultasikan dulu kesehatan Anda dengan dokter sebelum melakukan ibadah puasa.
Sumber: NOVA
_KarungBeras_

0 comment:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...