Kamis, 22 Desember 2011

Met Hari Mama (22 Desember 2011)


"..For the arms to be my shelter through all the rain
For truth that will never change
For someone to lean on!
But for heart I can rely on through anythin'..
For the one who I can run to.. oooh.. I turn to u.."

Christina Aguilera_I Turn to U


Hari ini, semua orang di FB statusnya tentang Hari Ibu. Segala macam ucapan selamat dan doa diketik sebagus-bagusnya dan seindah-indahnya untuk sosok yang dipanggil IBU itu. Awalnya, merasa biasa ja,, nda tertarik untuk ikut-ikutan bikin status begitu.
Tapi ada satu status dari temen FB yang kayak gimanaaaa skali.. bikin miris hati bacanya. Nda perlu ji deh kayaknya sa sebutkan namanya,, apalagi sampe nulis statusnya disini. Yang jelas,, tu status (tiba-tiba) sudah bikin pikiranku flash back,, ingat semua apa yang Mama sudah berikan sama saya..

Banyak skali,, nda mungkin bisa diketik smuanya kalo mo dijabarkan satu-satu. Tapi ada beberapa memory yang benar-benar melekat sampe-sampe nda bisa saya lupa,, dan mungkin tidak akan pernah bisa saya lupa.

Jadi sa cerita mi ini..?? :)

I still remember, many years ago,, sekitar 9 atau 10 tahun yang lalu,, kalo bukan karena doa beliau,, mungkin nda ada ma d dunia. Sedikit berlebihan, but that's the fact! Ketika itu saya sedang sakit keras. Lupa ma sakit apa ka waktu itu,, tapi yang paling saya ingat.. ketika saya tiba-tiba terbangun karena sakit yang saya derita, saya sering mendapati Mama berada disamping saya. Sering skali. Ketika saya harus dibawa ke rumah sakit, saya (juga) masih ingat.. Mama membiarkan kepala saya berbaring di pahanya.. beliau juga tidak henti-hentinya menggenggam tangan saya. Sempat ja liat raut mukanya yang khawatir.. tapi.. apa sa taukan?? Masih anak-anak ka waktu itu.

Pernah juga,, waktu kelas 2 SMP, bertengkar ka dengan Mama. Entah karena emosi atau sedih keinginan saya nda terpenuhi,, saya jadi bicara kasar sama Mama. Kasar sekali. Gara-gara ini, untuk pertama kalinya (dan semoga untuk terakhir kalinya).. beliau menampar saya. . Bukannya minta maaf, saya malah masuk ke kamar dan banting pintu keras-keras. Saya tau, Mama nda mungkin mau lakukan itu kalo bukan karena kata-kataku yang kelewat kasar. Anehnya, malam setelah pertengkaran itu, Mama malah masuk ke kamar dan saya merasakan kalo beliau menyelimuti saya. Seolah-olah,, tidak pernah ada 'kejadian' seperti itu sebelumnya..

Hal lain yang masih tidak bisa saya lupa.. pas penerimaan mahasiswa baru. Ketika itu, saya sempat terhambat ngurusnya, karena berkas yang saya punya tidak lengkap. Saya lupa buku Rapor saya di Kendari (waktu itu di Makassar ma..). Nda nyangka ka' ternyata di minta fotocopian rapor. Karena hal ini, sempat ka marah-marah sendiri karena pusing,, nda tau mo bikin apa. Mungkin, karena melihat raut muka saya yang bete'.. tiba-tiba Mama ngomong, "Mama minta maaf nah, Nak. Gara-gara Mama lupa kasih masuk rapormu di koper, akhirnya terhambat urusanmu..". Asli,, kagetku dengar Mama ngomong bgitu. Jelas-jelasmi salahku sendiri bisa lupa tu rapor,, tapi Mama yang malah minta maaf ke saya.. :(


-Tengs mom, yur may evrithing..-


Hhh.. Mama.. Mama.. ada-ada saja. Kadang, kalo ingat semuanya.. jadi sedih sendiri. Semua yang tidak sanggup dilakukan orang lain sama saya, bisa Mama lakukan. Bahkan sa masih ingat juga,, waktu saya sakit di Makassar,, tiba-tiba Mama datang besuk. Ya, tiba-tiba.. tanpa pemberitahuan sebelumnya. Entah mungkin karena Mama mo bikin kejutan, atau Mama sudah nda tahan dengar keluhan-keluhanku pas ditelpon. Tapi beda,, kalo Mama-nya orang lain mungkin langsung meluk anaknya dan nanya mana yang sakit,, Mama nda begitu. Mama malah marah-marah. Iya.. marah-marah. Nanya kenapa bisa sakit, nanya kenapa nda ke rumah sakit, nanya kenapa ngga kasih tau beliau dari awal, dan semua pertanyaan lainnya yang saya sampe bingung mau jawab darimana. Makanya malas ka kasih tau Mama kalo sa sakit,, karena begitunya. Meski sebenarnya saya tau,, beliau marah-marah karena khawatir sama saya.. :)

Mama.. mama.. kadang heran ka. Kekuatan darimana ki dapat sampe-sampe bisa segitunya sama anak-anak ta..?? Heran ka, ma.. kenapa ki masih bisa sayangi ka padahal banyak skali mi salahku sama qta..? Kenapa ki masih bisa percayai ka padahal nda jarang sa bohong-bohong sama qta..? Kenapa masih mau ki kirimkan pulsa, padahal jarang skali ka hubungi qta..?? Dan kenapa masih mau qta tunggui ka pulang, padahal saya dengan jelas-jelasnya menikmati waktu yang sa punya di sini,, jarang skali berpikir untuk pulang..??

Hhh.. I really miss you at the time, Mom.. Nda tau,, mungkin karena sementara dengar lagu di atas, atau karena hari ini adalah hari ta'.. yang jelas.. sa KANGEEEEEEEEEEEEENNNNNN!! :'(

Memang tidak ada yang bisa sa lakukan sekarang untuk balas jasa ta.. tapi liat nanti Ma.. nanti.. insya Allah.. sa akan buktikan kalo sa bisa jadi apa yang Mama harapkan.. sa akan buktikan kalo doanya Mama selama ini nda sia-sia. Hanya sabar ki dulu sedikit, Ma.. karena sy disini sedang berusaha untuk wujudkan apa yang Mama mau..

Ck! Gara-gara statusnya itu orang tdi.. akhirnya bikin ma postingan-yang-saya-juga-heran-kenapa-bisa-tulis-begini ini!

You know,, feel like I wanna let my mom to read this post..
I want her know, that I miss her.. love her.. need her, always.. in all my life..

Lebay..?? Nda urus!

_JerukNipis_

0 comment:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...